MENJADI ORANG YANG DAPAT DIPERCAYA OLEH TUHAN

Ev. Yohanes Oetomo

Ringkasan Khotbah Minggu, 26 September 2021

Pembacaan Alkitab : Matius 25 : 14

Tuhan selalu ingin mempercayakan harta-Nya kepada kita, oleh sebab itu Tuhan mencari orang-orang yang dapat dipercaya. 

Ada tigal  hal yang dipercayakan Tuhan di dalam hidup kita, itulah TIME (waktu), TALENT (talenta), TREASURE (harta/ kekayaan). Dan apa yang kita lakukan dari 3T yang dipercayakan Tuhan ini, pada akhirnya akan diminta pertanggung jawaban (perhitungan) dari Tuhan. 

1.TIME

Mazmur 90 : 10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Kita dikaruniakan waktu oleh Tuhan. Waktu dalam bahasa Yunani; Kairos (momentum, kesempatan, peluang)  Kronos (koronologi, urutan persitiwa, tahapan waktu) Hora: durasi, rentan waktu panjanganya kesempatan. Kita diberikan Tuhan hidup dalam batasan waktu tertentu, oleh sebab itu pergunakan waktu yang ada dengan baik dan punya tujuan yang benar.

Raja Salomo menuliskan dalam Pengkhotbah 3 : 1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

1 Petrus 4 : 2 – 3 (baca) Tuhan menghendaki supaya waktu yang sisa ini jangan pergunakan untuk keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah, karena telah banyak waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang sia-sia dan tidak berkenan di hadapan-Nya.

Tuhan mau supaya kita menggunakan waktu yang ada dengan benar, sesuai dengan kehendak-Nya, KARENA PADA AKHIRNYA KITA HARUS BERTANGGUNG JAWAB DENGAN WAKTU YANG TUHAN TELAH BERIKAN.

Ingatlah bahwa waktu kita di bumi ini akan berakhir, karena ada batas waktunya Ibrani 9 : 27 Setiap orang ditetapkan hanya untuk mati satu kali saja, setelah itu dihakimi dalam tahta pengadilan Tuhan. Setelah kehidupan di dunia ini,  semua orang harus menghadap Tuhan, yang akan memperhitungkan segala sesuatu dari apa yang sudah Tuhan percayakan  Matius 25 : 19.

Hanya orang-orang yang sungguh-sungguh mencari Tuhan, dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya yang akan menerima upah dari Tuhan Ibrani 11 : 6.

Tuhan tidak menilai berapa lama kita hidup di ini, tetapi bagaimana kita hidup di dunia ini, Roma 13 : 13 – 14  Kita harus hidup mengenakan Kristus, supaya kita tidak hidup menuruti hawa nafsi dan keinginan daging. Oleh sebab itu, jika masih ada sisa waktu kita hidup di duni ini, mari kita gunakan sebaik-baiknya untuk Kerajaan Allah; setia beribadah, aktif melayani, memiliki kerinduan untuk memenangkan lebih banyak jiwa bagi Tuhan Yesus.

2. TALENT

1 Petrus 4 : 10 (baca)  Tuhan telah memberikan bakat-bakat yang khusus kepada saudara masing-masing. Pergunakanlah bakat-bakat itu untuk saling menolong dan salurkanlah berkat Allah yang bermacam-macam itu kepada orang lain (FAYH) Jika kita sudah diberikan talenta, maka tujuannya adalah untuk melayani Tuhan

3. TREASURE

Semua yang kita miliki adalah milik Tuhan yang dipercayakan-Nya kepada kita

Amsal 3 : 9 Setiap harta/ kekayaan/ kelimpahan yang Tuhan berikan selalu ada kewajiban di dalamnya. Kewajiban untuk melayani dan memuliakan Tuhan dengan harta yang Tuhan percayakan. Kita adalah pengelola milik Tuhan, oleh sebab itu, kelola dengan baik apa yang Tuhan percayakan sehingga pda akhirnya kita dapat mempertanggung jawabkannya.

Dimana hartamu berada, di situ hatimu berada! Tuhan mau kita hanya mengabdi dan taat kepada Tuhan saja dalam hal mengelola harta yang Tuhan berikan. Karena Tuhan menghendaki agar harta kekayaan dan kelimpahan dipakai untuk memberi, melayani untuk kemuliaan-Nya.

Raja Daud tahu memberikan persembahan yang terbaik dan luar biasa, karena dia menyadari :

  1. Semua kekayaan yang ia terima berasal dari Tuhan 1 Tawarikh 29 : 14
  2. Raja Daud memberi karena cintanya kepada Tuhan 1 Tawarikh 29 : 3
  3. Raja Daud memberikan dengan rela hati dan sukacita 1 Tawarikh 29 : 17 Karena Tuhan mengasihi orang yang memberi dengan sukacita 2 Korintus 9 : 7   

Lukas 12 : 33 Jika kita memberi untuk Tuhan, dan kepada orang-orang yang membutuhkan, maka sedang kita mengumpulkan harta kekal di surga. KETIKA KITA MEMBERI, KITA MEMINDAHKAN HARTA DI DUNIA INI KE SURGA.

Efesus 6 : 8 Jika kita membuat hal yang baik dan berkenan kepada Allah, maka Tuhan akan memberikan upah. Tuhan selalu menggenapi firman-Nya, oleh sebab itu Kita akan menerima dari Tuhan, atas semua kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain (ini adalah rahasianya)

Ayub mengampuni sahabat-sahabatnya, itulah sebabnya Tuhan memulihkan keadaan Ayub dan memberikan kepadanya dua kali lipat daripada apa yang dimiliki sebelumnya. Ayub 42 : 8 – 10.

Demikianpun kita, sebagai anak-anak Tuhan harus berlaku baik dan benar kepada semua orang sekalipun kita diperlakukan buruk oleh mereka, karena Tuhan yang melihat kita, dan Tuhanlah yang akan membalaskannya kepada kita. Matius 5 : 46

Yohanes 19 : 11 Segala kuasa ada di tangan Tuhan, oleh sebab itu kita harus selalu mencari dan mengandalkan Tuhan yang tidak terbatas dan bukan mengandalkan manusia yang terbatas.

1 Samuel 2 :  9 – 10 (baca) Jika Tuhan sudah promosi dan mengangkat hidup kita, maka tidak ada tangan siapapun, atau sikon apapun yang bisa menahan kita. Tangan Tuhan yang mengangkat bahkan tangan Tuhan juga yang menurunkan Daniel 4 : 32 – 35

Jika Promosi dan peninggian sejati datangnya dari Tuhan Mazmur 75 : 6 – 7, maka kita harus semakin sungguh-sungguh mencari Tuhan, hidup dalam kebenaran, dengan setia dan penuh tanggung jawab melakukan apa yang Tuhan percayakan.

Jangan berjuang sendiri, serahkan segala sesuatu kepada Tuhan, Dia akan bertindak, karena ada bagian Tuhan, yang akan Tuhan lakukan bagi kita.

Jika kita ingin dipromosikan Tuhan, maka harus ada kriteria yang Tuhan lihat dari hidup kita, sehingga kita dipromosikannya Markus 10 : 37 – 38 Hidup sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki, hidup seperti Kristus, itulah kualitasnya.

Sama seperti hamba yang menerima talenta menurut kesanggupannya; kata kesanggupan dalam bahasa Yunani “dunamei” artinya Kuasa jika seseorang dipenuhi Roh Kudus. Pada waktu kita diberikan talenta maka kita juga diberikan Roh Kudus yang bekerja di dalam kita untuk menyelesaikan dan menghasilkan sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki.

Tuhan selalu memberikan Roh-Nya di dalam kita, sehingga kita tetap kuat dan alami kemenangan, dan produktif bahkan dalam setiap kesulitan dan pergumulan kita sedang alami. Hari-hari ini Tuhan membutuhkan orang yang percaya kepada Tuhan, dan dapat dipercaya oleh Tuhan untuk melakukan kehendak Tuhan dan menggenapi rencana Tuhan yang besar.  

2 Korintus 1 : 8 – 9 ; 4 : 18 Dalam setiap keadaan, kita tetap percaya dan mengandalkan Tuhan, jangan hanya memperhatikan apa yang kelihatan yang adalah sementara, tetapi kita harus memperhatikan apa yang  tidak kelihatan yang kekal, karena itulah kemuliaan Tuhan yang Dia sediakan lebih dari penderitaan yang kita alami. Amin