MENGHADAPI MASALAH BERSAMA TUHAN

Ev. Yohanes Oetomo

Ringkasan Khotbah Minggu, 20 Juni 2021

Pembacaan Alkitab : Mazmur 46 : 2; 50 : 15

Mazmur 46 : 2 Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.

Mazmur 50 : 15 Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” 

Pandemi yang kita sedang alami saat ini adalah penyebab utama  terjadinya krisis dalam setiap aspek kehidupan kita. Itu sebabnya, melalui firman Tuhan hari ini kita akan ”vaksinasi rohani” supaya kita tetap kuat dan bertahan menghadapi situasi pandemi ini.

Selama kita hidup di dunia ini ada begitu banyak pergumulan dan tantangan yang kita hadapi, namun sebagai anak-anak Tuhan, kita harus sadari bahwa KUASA TUHAN LEBIH BESAR dari setiap masalah atau pergumulan kita, sehingga kita akan keluar senagai pemenang.

Cara kita memandang masalah:

  • Tuhan ada dalam pergumulan kita.

Kejadian 32 : 24 Yakub takut bertemu saudaranya Esau, karena dia berpikir bahwa Esau akan membunuhnya,  pada waktu malam Yakub sedang sendirian, dia kemudian diserang oleh seorang yang tidak dikenalnya. Hal ini sering terjadi dalam hdup kita , ketika kita sedang dalam pergumulan dan ketakutan, Tuhan selalu ada di sana bersama dengan kita, Tuhan tidak pernah membiarkan kita sendiri.

Tuhan Yesus pernah berkata : …Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Matius 28 : 20 Artinya dimanapun, kapan pun, bahkan dalam situasi apapun Tuhan tetap ada bersama-sama dengan kita, karena Dia adalah “Imanuel” Allah berserta kita.

  • Masalah akan merubah hidup kita.

Kejadian 32 : 28 Setelah Yakub bergumul dengan Tuhan,maka Yakub pun diubahkan oleh Tuhan, jika dulu dia selalu melarkan diri, namun sekarang dia sepenuhnya mengandalkan Tuhan, bahkan namanya bukan lagi Yakub tetapi Israel.  Masalah dan tantangan akan mengubahkan hidup kita, jika dulu kita mengandalkan kekuatan kita sendiri, namun dengan masalah, kita mulai bergantung dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya, bahkan hidup kita akan menjadi lebih baik dari sebelum  mengalami masalah.

  • Masalah itu ada expirednya

Kejadian 32:2 mengatakan, “Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Setiap pergumulan yang kita hadapi pastilah ada batas waktunya, ada waktunya masalah tersebut pamit, dimana kegelapan berganti menjadi terang.

Fajar akan menyingsing, setelah gelap akan tertib terang, artinya setiap pergumulan dalam hidup kita akan selalu ada batas waktunya., masalah dan pergumulan tidak abadi, ada waktu untuk menyelesaikan dan selalu ada jalan keluarnya

 1 Korintus 10 : 13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

  • Ada berkat dibalik masalah.

Kejadian 32 : 29 Bertanyalah Yakub: “Katakanlah juga namamu.” Tetapi sahutnya: “Mengapa engkau menanyakan namaku?” Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.

Tuhan ingin membentuk kesiapan kita dalam setiap masalah dan pergumulan, agar berkat yang Tuhan berikan tidak menjadi kutuk. Itu sebabnya selalu ada berkat, setelah kita mengalami masalah dan pergumulan. Berkat yang kita terima setelah masalah akan lebih besar dari sebelum kita mengalami masalah, baca Ayub 42 : 10, bandingkan Yohanes 2 : 10  Kehidupan kita akan semakin bertambah baik di dalam Tuhan, karena Allah selalu turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup kita.

  • Masih ada TUHAN

Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!“ (Kej.32:30) Masalah akan membuat kita mengenal dan mengalami Tuhan secara pribadi

ALLAH DAPAT DIANDALKAN Mazmur 46:2, TEMPAT  PERLINDUNGAN, KEKUATAN,  PENOLONG DALAM KESESAKAN SANGAT TERBUKTI. Oleh sebab itu kita harus berserulah kepada-Ku (Tuhan) pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Mazmur 50 : 15. Masalah dan pergumulan akan membuat kita juga memuliakan Tuhan, setiap kali kita menang mengatasinya.

Masalah dan pergumulan bukan untuk kita pikul tetapi serahkan kepada Tuhan,  karena Dia adalah perlindungan dan kekuatan, Tuhan dapat diandalkan

Matius 6 : 26 Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

Hari-hari ini kita membutuhkan imunitas yang kuat, itu sebabnya jangan ijinkan ketakutan, kekuatiran, stress, dan depresi membuat kesehatan kita terganggu. Mendekat kepada Tuhan dan pelihara tubuh ini sehingga kita alami kesehatan yang sempurna.

Kejadian 32 : 25 (baca) “Sendi pangkal paha” adalah tumpuan kekuatan supaya manusia dapat berdiri. Ituah gambaran  “kekuatan” atau “kemampuan” yang selalu kita andalkan untuk bertahan hidup. Tuhan akan lumpuhkan hal itu dalam hidup, supaya kita bergantung kepada Tuhan  sepenuhnya.

Dalam setiap Krisis yang kita hadapi, apakah itu krisis anggur (Yohanes 2 : 3 – 8), krisis kepercayaan (1 Samuel 30 : 1 – 32), krisis keuangan (kejadian 26 : 1 – 5) KITA HARUS SENANTIASA MENCARI TUHAN DAN MEMINTA PETUNJUK DARI TUHAN DAN FIRMAN-NYA. Kita membutuhkan petunjuk setiap kali kita mengalami masalah dan pergumulan. Krisis apapun tidak akan menjadi masalah yang besar buat kita, asalkan kita taat firman Tuhan, maka kita akan dipulihkan, diberkati berkelimpahan. Orang yang taat kepada firman Tuhan tidak pernah kekurangan! 

MENGHADAPI  MASALAH BERSAMA TUHAN:

  1. JANGAN MENYERAH , MENDEKAT  KEPADA TUHAN, BERSERU DAN PERCAYA KEPADA TUHAN
  2. MEMINTA PETUNJUK TUHAN
  3. SABAR MENUNGGU  WAKTU  TUHAN
  4. LAKUKAN  FIRMAN TUHAN