KITA HARUS ADA DIMANA TUHAN BERADA

Ps. Jesaya Henubau

Ringkasan Khotbah Minggu, 1 Agustus 2021

Pembacaan Alkitab : Yohanes 12 : 26 – 27

Tuhan kita adalah Bapa yang baik, karena semua pemberian yang baik yang kita terima berasal dari Bapa.

Tuhan rindu agar kita senantiasa berada bersama-sama dengan-Nya, dimanapun saja Dia berada, karena Tuhan selalu ingin membawa kita semakin kuat dan teguh di dalam Dia.

Apapun keadaan kita saat ini, ketahuilah bahwa Tuhan sudah memilih dan menetapkan kita untuk ada di masa-masa ini untuk melakukan kehendak-Nya dan menggenapi rencana-Nya besar. Tuhan telah memanggil dan memperlengkapi kita dengan kuasa di dalam nama-Nya supaya kita mengalami kemenangan, kemurahan Tuhan, dan kebaikan-Nya. Oleh sebab itu, jangan lari dari tantangan dan masalah yang sedang dihadapi, karena Tuhan akan menyatakan kehendak-Nya dalam hidup kita.

Tuhan Yesus ada di masa pemerintahan kekaisaran Romawi, justru pada masa itulah Tuhan Yesus melakukan dan menggenapi rancangan keselamatan Bapa melalui karya Penebusan-Nya di kayu salib. Demikian pun kita di masa kini, di bawah pengaruh penguasa kerajaan angkasa (iblis dan roh-roh jahat) namun rencana Tuhan tetap akan digenapi dalam hidup kita, karena kuasa kerajaan angkasa ini telah ditaklukan di dalam nama Tuhan Yesus.

Barangsiapa melayani, dia harus mengikut Tuhan Yesus, karena dimana Tuhan Yesus berada, disitupun dia harus berada. Tempat yang terbaik adalah tempat dimana Tuhan Yesus berada. Sebab ke sanalah kita diundang untuk masuk dalam persekutuan dengan-Nya.

Kita harus tetap mengikut Tuhan dalam sikon apapun, sekalipun kita tidak mengerti, tetap percaya dan nantikan Tuhan di sana! Karena Tuhan rindu memakai kehidupan kita untuk memberitakan Injil kerajaan Allah dan kebenaran-Nya bagi banyak orang.

Tuhan mendengar ada begitu banyak orang sedang berseru-seru untuk diselamatkan, karena mereka tidak mengenal Tuhan dengan benar. Dalam Kisah Para rasul 17 : 23. Rasul Paulus memberitakan tentang Allah yang benar itulah Tuhan Yesus Krisus, kepada orang-orang di Athena, ketika mereka menyembah kepada allah yang mereka tidak kenal namun mereka sembah.

Tuhan yang benar adalah Tuhan yang selalu memberikan ; Damai Sejahtera, dan pemberian yang baik serta anugerah yang sempurna Yakobus 1 : 17 Dialah Bapa, yang kita kenal di dalam nama Tuhan Yesus. Dia adalah Imanuel, Allah yang selalu menyertai kita Matius 1 : 23, Dia rindu untuk selalu ada bersama dengan kita dimanapun kita berada.

Kita harus mengambil waktu dengan Bapa dalam masa-masa yang sukar ini, dan jangan mundur bahkan lari dari Tuhan.

Yohanes 21 : 1 – 3 Setelah Tuhan Yesus disalib, murid-murid mundur dan kembali kepada pekerjaan yang lama (penjala ikan), namun semalam–malaman mereka tidak menangkap apa-apa. Tanpa kehadiran Tuhan Yesus murid-murid tidak menghaslkan apa-apa, usaha mereka sia-sia.

Kita mungkin bisa memiliki segala sesuatu dalam di dunia ini, namun tanpa Tuhan dan panggilan-Nya dalam hidup kita untuk melayani-Nya, hidup ini akan terasa hampa/kosong, sia-sia, tidak punya tujuan, dan tidak berarti.

Ayat 3 – 6 Kemudian Tuhan Yesus datang dan memanggil kembali murid-murid-Nya setelah mundur dari hadapan-Nya, bahkan Tuhan melakukan mujizat yang sama ketika pertama kali Tuhan Yesus memanggil mereka.

Lukas 15 : 20 Bapa selalu menanti anak-anak-Nya untuk kembali kepada-Nya, sekalipun mungkin mereka telah undur dan hilang dari hadapan-Nya. Itulah sebabnya, itulah sebabnya Tuhan Yesus berkata: Hai anak-anak adakah kamu mempunyai lauk-pauk? Yohanes 21 : 5

Kita tidak akan mempunyai apa-apa, atau memperoleh apa-apa, jika kita mundur dan lari dari Tuhan, yaitu ketika kita berhenti untuk berdoa, tidak bersekutu dengan Tuhan secara pribadi, tidak lagi beribadah bahkan melayani-Nya.

Kita harus ada di tempat dimana Tuhan menyuruh dan menempatkan kita untuk berada, karena disitulah mujizat Tuhan akan dinyatakan. Yohanes 21 : 6 Itu sebabnya Tuhan tidak lagi menyuruh mereka bertolak ke tempat yang dalam, tetapi memerintahkan mereka untuk menebarkan jala. Alhasil murid-murid mendapatkan begitu banyak ikan-ikan besar. Jika kita ada dimana Tuhan berada, maka apapun keadaan dan situasi kita; di tempat dalam atau dangkal, kita akan tetap mengalami kelimpahan dan terobosan.

Maukah kita bangkit dan kembali kepada Tuhan Yesus? Makah kita taat dan setia mengikut Tuhan Yesus? Maukah kita melayani-Nya?

Jika hari-hari ini banyak orang mundur dari Tuhan, mundur dari persekutuan (gereja-Nya), panggilan dan pelayanan mereka, namun kita jangan sekali-kali mundur. Jika mereka kembali ke masa lalu, kita tetap berada bersama dengan Tuhan Yesus. JANGAN IKUTI MAYORITAS ORANG! Tetapi taat dan ikutlah Tuhan, tetap setia pada panggilan Tuhan! Jangan pernah berangkat, jika Tuhan tidak menyuruh/ mengutus kita untuk pergi.

Tanpa Tuhan Yesus kita tidak akan mengalami rasa puas, damai sejahtera, dan sukacita. Tanpa Tuhan Yesus tidak akan ada berkat! Dimana ada Tuhan, disana ada kelimpahan!

Yohanes 21 : 4 Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Dalam terjemahan yang lain menjelaskan setelah melewati malam (setelah gelap), menjelang pagi (subuh) pada waktu matahari terbit. TUHAN YESUS BERDIRI di pantai!

Setelah kegelapan akan terbit terang! Kita tidak akan tinggal dalam gelap (malam), karena akan datang terang (pagi hari) Dimana Tuhan Yesus berdiri menantikan kita. Tuhan Yesus selalu hadir setiap pagi bagi kita, bahkan Dia menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan. Setiap kali kegelapan sirna Tuhan berdiri menyambut kita, yang kita butuhkan adalh KEMBALI KEPADA-NYA!

Tuhan Yesus tidak pernah menarik kembali panggilan dan kasih karunia-Nya dalam hidup kita. Dia mencari kita, Dia selalu menantikan kita, dan Dia akan menyambut kita ketika kita datang kepada-Nya. Inilah waktunya, kita harus segera berlari kembali kepada Tuhan! dengar Tuhan berbicara dan meneguhkan panggilanNya dalam hidup kita.

Tidak ada yang mustahil dan mudah bagi Tuhan bagi Tuhan untuk mengembalikan keadaan kita, asalkan kita taat kepada Tuhan dan firman-Nya. Tuhan mau kita ada dimana Dia berada.

UKURAN KITA DIBERKATI BUKANLAH HARTA, KELIMPAHAN YANG BISA DIHITUNG, TETAPI PANGGILAN TUHAN DAN KETAATAN KEPADA FIRMAN-NYA!
Jika kita mengikuti Tuhan, dan kita ada dimana Tuhan berada, maka kita di dalam pusat kehendak Bapa! TUHAN PANGGIL KITA UNTUK BERADA DENGAN BAPA, untuk melayani-Nya, maka kita akan dihormati oleh Bapa. Amin!