KABAR BAIK

Ps. Debora Henubau

Ringkasan Khotbah Minggu, 8 Agustus 2021

Pembacaan Alkitab : Yesaya 52 : 7  Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: “Allahmu itu Raja!”

Pada zaman dulu kedatangan seseorang yang dikirim dari medan pertempuran untuk membawa berita/ pesan khusus sangat dinanti-nantikan oleh  raja dan semua orang,  apalagi jika kabar dari pertempuran itu adalah berita kemenangan atau keselamatan, maka hal itu akan disambut dengan sukacita sebagai  kabar baik bagi semua orang yang menantikannya.

Kabar baik berasal dari kata “Evangelion” yang artinya Injil, atau “kabar baik”, dalam konteks Yesaya 52 : 7  ini adalah berita kemenangan atas sebuah pertempuran.

Tuhan Yesus telah menang atas segala sesuatu! Dia telah memenangkan pertempuran, Dia telah mengalahkan maut dan segala kuasa telah ditundukan-Nya. Itu sebabnya, di dalam nama-Nya berita tentang kemenangan dan keselamatan telah kita terima saat ini!

Firman yang tertulis dan yang disampaikan adalah kabar baik, kabar kemenangan dan keselamatan yang kita terima setiap kali kita membaca dan mendengarnya.

Setiap kali kita mendengar kesaksian tentang kuasa Tuhan, atau mendengar firman Tuhan disampaikan, maka apa yang kita dengar akan membangkitkan iman dan percaya kita kepada, dan apa yang kita dengar adalah kabar baik.  

Banyak orang saat ini sedang menyerah, tertekan (depresi) dengan keadaan bahkan ingin mengakhiri hidupnya, karena mereka merasa tidak ada harapan lagi, tidak ada jalan keluar, tidak ada yang menolong dan membangkitkan mereka, yang mereka dengar hanya kabar buruk.

Hari-hari ini berita apa, dan berita siapa yang kita dengar? Kita harus selektif! Jangan semua hal diterima sehingga kita mudah dipengaruhi oleh berita  buruk,  hoax (kabar bohong),  yang justru menekan jiwa dan membuat ketakutan dan kegentaran dalam diri kita!  Kita harus mendengar dan merenungkan firman Tuhan, jadikan firman Tuhan (kabar baik) tertanam dalam hati dan pikiran kita, supaya kita berkemenangan!

Yesaya 61 : 1 – 2 Nabi Yesaya menubuatkan tentang Tuhan Yesus, bahwa Roh Tuhan ada pada-Nya, itu sebabnya Bapa di surga telah mengurapi-Nya, dan mengutus-Nya untuk menyampaikan kabar baik bagi orang-orang yang sengsara.

Fakta/ kenyataan yang kita alami bukan kebenaran! fakta itu ada di bumi, tetapi Bapa di surga mengatasi segala keadan kita, dan  kebenaran-Nya  yang disampaikan akan mengalahkan semua berita-berita di bumi ini.

Itu sebabnya dalam Lukas 4 : 18 – 19 Tuhan Yesus mengutip kembali nubuatan dari kitab Yesaya 61 : 1-2 Tahun Rahmat Tuhan telah datang, ketika Tuhan Yesus datang ke dalam dunia ini, bahkan tahun 2021 ini bagi kita anak-anak Tuhan adalah tahun Rahmat Tuhan, karena kita memiliki Tuhan Yesus.

Lukas 4 : 18untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin…  Apa yang kurang dalam hidup kita saat ini? apa yang kita butuhkan hari ini? (kekuatan, kesehatan, damai sejahtera, kelimpahan, perlindungan?) yang kita butuhkan adalah KABAR BAIK, itulah firman Tuhan, jika kita percaya apa yang Tuhan janjikan, dan apa yang Tuhan Firmankan, maka hal itulah yang akan terjadi dan digenapi, Firman Tuhan itu berkuasa melampaui keadaan!

Dalam ketidak adanya harapan, akan bangkit iman dan harapan. Karena hidup kita bergantung kepada Tuhan dan firmanNya yang adalah kabar baik dalam hidup kita!

Roma 10 : 15 – 17 Setiap orang akan mendengar kabar baik? Jika ada orangyang memberitakannya. Jika kita sudah menerima kabar baik, itulah firman Tuhan, maka kita harus percaya dan pegang, sekalipun mungkin banyak orang menolaknyaJika kita percaya maka kita pasti menerima apa yang Tuhan janjikan.

Roma 10 : 13 – 14 Saat ini banyak orang berseru kepada Tuhan untuk keselamatan mereka, ironisnya mereka tidak tahu kepada siapa mereka serukan keselamatan, karena mereka tidak mengenal Tuhan yang benar.

Mereka menantikan Tuhan dan keselamatan daripada-Nya, itulah sebabnya kesaksian dan pemberitaan kabar baik (keselamatan dan firman Tuhan) harus kita sampaikan sehingga mereka yang mendengar, percaya dan diselamatkan, karena siapa yang berseru dalam nama Tuhan akan diselamatkan.

Amsal 15 : 30 Mata yang bersinar-sinar menyukakan hati, dan kabar yang baik menyegarkan tulang.

Amsal 25 : 25 Seperti air sejuk bagi jiwa yang dahaga, demikianlah kabar baik dari negeri yang jauh.

Bilangan 13 : 27  Kisah tentang kedua belas pengintai melaporkan keadaan negeri Kaanan. Sepuluh  diantara mereka melaporkan kabar busuk, sedangkan Yosua dan Kaleb menyampaikan kabar baik dan menetramkan hati bangsa Israel yang gentar.  Mereka percaya bahwa Tuhan sanggup membawa bangsa Israel memasuki negeri Kanaan itu.

Namun akibat kabar busuk (berita buruk) yang disampaikan itu maka maka terjadilah pemberontakan dlam Bilangan 14, segenap bangsa Israel memberontak dan melawan Musa. Kabar busuk (berita buruk)  membuat segenap bangsa Israe takut dan gentar, merek sangat ketakutan dan kuatir, bahkan  menangis pada apa yang sebenarnya belum terjadi.

Ayat 34 – 38 Akibat dari pemberontakan dan ketidak percayaan, maka mereka semua harus mati di padang gurun, semua generasi/ angkatan yang tidak percaya mati dan binasa di padang gurun Ayat 38 dari angkatan itu hanya Yosua dan Kelab yang masuk ke dalam tanah perjanjian. Kabar baik akan membawa kita masuk dalam penggenapan janji Tuhan, dan bukan situasi dan kondisi yang kita hadapi. Dalam kabar baik ada pengharapan dan iman untuk masuk dan menerima janji Tuhan.

Dalam keadaan ini kita harus senantiasa pegang kabar baik/ janji Tuhan dan firman-Nya, oleh sebab itu jangan tanggalkan iman dan harapan kita kepada Tuhan dan firman-Nya

Yesaya 55 : 11 firman akan melaksanakan apa yang Bapa kehendaki. Bagian kita adalah taat dan percaya, maka firman akan berhasil dan terlaksana!

Roma 4 : 21 dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.

Roma 10 : 8 – 11 Firman itu ada di mulut dan hati. Sebab itu ucapkan dn deklarasikan maka kita akan menerima apa yang Tuhan firmankan dan janjikan, karena barangsiapa percaya, ia tidak akan dipermalukan.

Yohanes 3 : 30 – 33  Tuhan Yesus harus makin besar di dlam kita, Dia datang dari atas di atas semuanya. Apa yang Tuhan katakan dan firmankan dari surga, di atas semuanya/ melampaui semua keadaan kita.

Berita bumi kekuarangan, keterbatasan, sakit penyakit, tetapi berita dari surga, adalah kebenaran, keselamatan, kemenangan, kelimpahan, dan dami sejehtera. Dan inilah kebenaranNya =  siapa yang  menerima Kesaksian tetang Tuhan Yesus, dan percaya di dalam nama-Nya, dia akan mengalami keselamatan dan kemenangan, itulah kabar baik ! Amin.